Trio Ardhian's
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SD Negeri Trayeman 3 Slawi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI (Enam) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit (1 x Pertemuan)
Pelaksanaan : Jumat, 11 November 2011
A. Standar
Kompetensi (SK)
F Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
F Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan
ekonomi antar bangsa.
C. Indikator
þ Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh Indonesia.
þ Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara
Indonesia dan luar negeri.
þ Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan
luar negeri.
D. Tujuan
Pembelajaran
Ä Melalui metode inkuiri siswa dapat mengartikan
pengertian ekspor impor dan perdagangan antar bangsa.
Ä
Melalui
metode inkuiri siswa dapat mengidentifikasi manfaat aktivitas ekspor bagi
kegiatan ekonomi Indonesia.
Ä
Melalui metode
inkuiri siswa dapat mengidentifikasi manfaat aktivitas impor bagi kegiatan
ekonomi Indonesia.
Ä
Melalui metode
inkuiri siswa dapat mengidentifikasi manfaat aktifitas pertukaran barang
dan jasa.
Ä
Melalui metode tanya jawab
siswa dapat menjelaskan ekspor dan impor.
Ä
Melalui metode tanya jawab
siswa dapat menyebutkan jenis-jenis barang yang diekspor.
Ä
Melalui metode tanya jawab
siswa dapat menyebutkan
jenis-jenis barang yang diimpor.
E. Metode / Strategi
Pembelajaran
þ Ceramah bervariasi.
þ
Diskusi.
þ
Inquiri.
þ
Tanya jawab.
þ
Pengamatan.
þ
Metode pemberian tugas /
Penugasan.
F. Materi Pokok
&
Perdagangan Internasional.
&
Pengertian ekspor
dan impor.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
(Pendahuluan)
Apersepsi:
Œ Menghubungkan materi pelajaran yang sebelumnya
dengan materi yang akan disampaikan.
Menceritakan
produk-produk dalam dan luar negeri dari pengalaman siswa melalui media elektronik / media masa.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Œ Siswa diminta berfikir tentang materi mengenai sikap
terhadap produk-produk dalam dan luar negeri.
B. Elaborasi
Œ Siswa diberi kesempatan untuk menjelaskan kepada
siswa lainnya melalui bagan / peta
konsep.
Guru memberi kuis / pertanyaan kepada seluruh
siswa.
C. Konfirmasi
Œ
Siswa
bekerjasama saling membaca dan menemukan ide pokok.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Ž Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
Siswa mempresentasikan
/ membacakan hasil kelompok.
Setiap kelompok memberi tanggapan terhadap wacana
dan ditulis pada selembar
kertas.
3. Kegiatan Penutup
Ü
Guru bersama siswa menyimpulkan
tentang materi ekspor dan impor yang telah disampaikan.
Ü
Guru melakukan tanya jawab
dengan tujuan materi bahasan yang telah disampaikan bisa diterima siswa.
Ü
Mengucapkan salam sebagai tanda
berakhirnya materi pembelajaran.
H. Sumber Belajar / Media
Pembelajaran / Alat Peraga
&
Buku paket Ilmu Pendidikan
Sosial SD kelas VI.
&
Media cetak.
&
Peta.
&
LKS.
I. Evaluasi
1. Bentuk
?
Objektif.
?
Uraian.
2. Jenis Tes
?
Tertulis / Lisan.
?
Soal Tes.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Ä Penilaian
Ä Produk (Hasil Diskusi)
Ä Performansi
Ä Lembar Penilaian
CATATAN
Nilai = (Jumlah skor :
jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remidial.
............, ......................20...
Mengetahui Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
.................................. Trio
Ardhian
NIP : NIM
:40210038
|
Loading...
About the Author
I'm Hung Duy, the founder of Xml Blogger Templates (XBT). I'm a freelance writer on topics related to Website Optimization (SEO), blogger customizations and making money online. I'm blogging since 2006 and I'm currently a guest blogger on Blogging With Success.
Follow Me on Twitter or On Facebook
Visit xmlbloggertemplates.com for more Blogger Templates
Follow Me on Twitter or On Facebook
0Awesome Comments!